Senin, 14 Juni 2010

'Ngajongko Jawi'

VIDEO mesum yang dilakukan anak baru gede (ABG) Indoneisa marak beredar. Mesumnya pun dilakukan sesama teman atau pacar mereka. Tapi jika ABG berbuat mesum dengan sapi, ini baru cerita unik.

Api guwai nakan niku ngajongko jawi, lagi melamon bebai di Indonesia. (Kerjaan apa keponakan, kamu kawin dengan sapi, masih banyak perempuan di Indonesia.)

Ulah ABG berinisial GA (18) itu membuat semua warga Desa Yeh Embang, Kabupaten Jembrana, Bali, sibuk. Warga desa harus menggelar ritual untuk membersihkan desanya akibat ulah menyimpang tersebut.

Kemarin (11-6), warga Desa Yeh Embang akan menggelar ritual pecaruan di Pura Dalem.

Dalam ritual itu, sapi yang telah disetubuhi GA ditenggelamkan di tengah laut. Namun, nasib lebih beruntung dialami GA. Dia tidak ditenggelamkan, tetapi hanya dilakukan secara simbolis. "Anak ini hanya dimandikan di laut untuk membuang aib dan kotor akibat perbuatannya tersebut," kata Legawa, seorang tokoh adat.

Selain menggelar ritual, desa juga memberikan sanksi kepada GA, yakni membayar denda 2.000 biji uang kepeng atas perbuatannya. Sedangkan pemilik sapi, Wayan Yasa, mendapat ganti rugi Rp5 juta karena rela sapinya dilarung ke laut.

Ai wat-wat gawoh, adu pai meliom aga mbayar muneh. (Ai ada-ada saja, sudah malu harus membayar juga.) (DTC/U-3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar