Minggu, 04 Juli 2010

Lomba Gendong Istri

MENGGENDONG adalah kebiasaan orang tua terhadap anaknya yang masih bocah. Menggendong juga merupakan permainan anak-anak. Tapi bagaimana jika menggendong dijadikan perlombaan yang pesertanya suami istri?

Khepa kik kajong ni megemuk? Nyepok luwot sai merayang kudo nyin menang? Nah, aga kacau de ana minan. (Bagaimana kalau istrinya gemuk? Apa mencari lagi istri yang kurus? Wah, kacau itu bibi.)

Di Finlandia, ternyata lomba seperti itu ditradisikan setiap tahun. Bahkan, pertandingannya diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Tapi tentunya, tuan rumah Finlandia menempati posisi pertama pada Wife-Carrying World Championships itu. Sabtu (3-7), lomba itu digelar di Kota Sonkajaervi, Finlandia Tengah.

Memang, lomba itu diikuti peserta berpasangan dan tidak mesti suami istri. Sebab, repa kik kajongni mbalak betong. (Bagaimana jika istrinya besar perut?) Pasti kalah.)

Pada tahun ini Taisto Miettinen menggendong Kristiina Haapanen mempertahankan gelar juaranya. Lomba gendong mengambil jarak 250 meter dengan melewati 2 penghalang dan 1 kolam. Dia bisa menempuh jarak itu hanya dalam waktu 1 menit 4 detik, seperti diwartakan AFP.

Pasti gawoh pemenangni dilatih Mbah Surip sebab sai tahan gindung mbah no do. (Pasti pemenangnya dilatih Mbah Surip sebab yang tahan menggendong memang mbah itu.) (ANT/U-3)


sumber: Lampung Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar